bencana jepang bisa picu kelangkaan ipad 2


Kelangkaan yang terjadi di bidang elektronik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor,salah satunya bencana gempa yang terjadi di jepang. Gempa tersebut dinilai akan mempengaruhi pemasokan i-pad 2. Hal ini di karenakan terdapat komponen penting yang di gunakan oleh i-pad 2 yang berasal dari negara sakura tersebut. Dan oleh karena itu bencana dahsyat yang terjadi di jepang tersebut dapat menghambat produksi komponen tersebut.
Komponen-komponen yang dimaksud seperti baterai dan flash memory yang dipakai untuk menyimpan data. Baterai ipad 2 dibuat di apple japan. Sedangkan NAND flash memory di ipad 2 antara lain di buat oleh toshiba, vendor yang yang berbasis di jepang.
Produksi barang di sebagian manufaktur di jepang dilaporkan terganggu setelah gempa bumi dan tsunami menghantam negara tersebut. Toshiba adalah salah satu diantaranya. Mereka menghentikan produksi flash memory dj sebuah pabrik dan memperingatkan kemungkinan terjadinya gangguan pendistribusian barang.
Dikutip dari detikINET, jumat (18/03/2011), supplier komponen lain yang pabriknya beroprasi normal tetap menghadapi kemungkinan masalah logstik. Disamping baterai dan flash memory, komponen ipad 2 yang di produksi di jepang adalah kompas dari AKM semiconductor dan DRAM memory dari Elpida memory Inc.
Permintaan ipad2 sendiri cukupp tinggi dalam pasarannya di Amerika, dengan perkiraan satu juta unit terjual dalam debut minggu pertamanya. Apple tidak berkomentar apakah benar bencana di jepang akan mengacaukan suplai iPad 2 dan membuat barang menjadi langka di pasaran.
Sebelumnya Apple talah menunda peluncuran iPad 2 di jepang, namun dinyatakan tidak terkait macetnya pasokaan komponen. Mereka menunda peluncuran iPad 2 terkait alasan jepang sedang fokus melakukan pemulihan pasca bencana.

http://www.detikinet.com/read/2011/03/18/104853/1595224/317/bencana-jepang-bisa-picu-kelangkaan-ipad-2


0 Response to "bencana jepang bisa picu kelangkaan ipad 2"

Posting Komentar