PENILAIAN JURNAL BELAJAR (Asessmen Pembelajaran)



1.      Pengertian dan Karakteristik

Jurnal belajar adalah wadah yang memuat hasil refleksi dalam bidang pembelajaran yang diperuntukan bagi peserta didik. Guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah dapat membacanya sebagai bahan masukan untuk melihat kemampuan peserta didik dalam bidang yang dipelajarinya. Peserta didik mengisinya dengan hasil bacaan, hasil diskusi, refleksi terhadap temuan dalam pembelajaran, hasil pengamatan, hasil abstraksi atau apa saja yang berkaitan dengan pembelajaran di sekolah.
Jurnal pembelajaran (learning journal) sering disebut pula jurnal reflektif ,adalah  sebuah dokumen yang secara terus-menerus bertambah dan berkembang, biasanya ditulis oleh seorang pembelajar untuk mencatat setiap kemajuan belajarnya.
Jurnal pembelajaran bukanlah berisi ringkasan materi pelajaran, tetapi lebih fokus pada reaksi terhadap apa yang sedang dan telah dipelajari atau dibaca, bukan juga sebagai katalog belajar yang berisi peristiwa belajar yang dialami si pembelajar, tetapi merupakan catatan refleksi dan pemikiran atas apa apa yang sedang dan telah dipelajari. Penilaian Jurnal berarti penilaian terhadap Jurnal belajar peserta didik.




2.      Prosedur dan Langkah-langkah Penyusunan
Prosedur penyusunan jurnal belajar:
1.      Memerintahkan siswa untuk membuat jurnal tentang dan bagaimana belajar mereka.
2.      Menyarankan agar mereka menulis dua kali seminggu, sebagian dari apa yang mereka rasakan dan pikirkan tentang hal-hal yang mereka pelajari.
3.      Mengumpulkan, baca dan komentari jurnal tersebut secara berkala agar siswa menjadi bertanggung jawab untuk menyimpannya dan agar guru dapat menerima umpan balik.
Sedangkan fokus jurnal belajar antara lain:
a.       Apa yang belum jelas atau apa yang mereka tidak setujui.
b.      Bagaimana kaitan pengalaman belajar dengan kehidupan pribadi mereka.
c.       Bagaimana pengalaman belajar terrefleksikan dalam hal-hal lain yang mereka baca, lihat, dan kerjakan.
d.      Apa yang telah mereka amati tentang diri mereka dan orang lain semenjak merasakan pengalaman belajar.
e.       Apa yang mereka petik dari pengalaman belajar.
f.       Apa yang hendak mereka kerjakan sebagai hasil dari pengalaman belajar

3.      Kelebihan dan Kekurangan Penilaian Jurnal Belajar

a.       Kelebihan:
1)      Membantu mengidentifikasi apa yang telah dipelajari dan meningkatkan bagian yang masih kurang.
2)      Membantu melihat pola belajar dan gaya belajar.
3)      Memberikan gambaran mengenai kemajuan yang didapat, masalah yang dihadapi dan bagaimana menyelesaikannya
4)      Memiliki catatan tentang segala aktivitas yang telah dilakukan, catatan yang dapat dibaca kembali sebagai pelajaran di masa yang akan datang.
5)      Membantu pengorganisasian belajar
6)      Melatih kemampuan menulis pertanyaan guru.
7)      Melatih kemampuan mengkomunikasikan respon dengan cara yang dirasa nyaman.

b.      Kekurangan;
a.       Standar penilaian tiap anak berbeda/ penilaian bersifat individualis
b.      Refleksi yang dihasilkan anak bisa sangat kompleks
c.       Dapat mengganggu fiokus belajar anak dalam suatu materi
d.      Tidak efisien jika pelaksanaan tidak terintegrasi dengan  waktu penyampaian materi




4.      Contoh Jurnal Belajar

Komponen
Keterangan/ Deskripsi
      Pengalaman belajar
      SK-KD-Indikator-Materi yang telah dipahami
      SK-KD-Indikator-Materi yang belum dipahami dengan menyebutkan alasan dan kendalanya
      Usaha/cara untuk mengatasinya
      Upaya pengayaan



Daftar Pustaka























0 Response to "PENILAIAN JURNAL BELAJAR (Asessmen Pembelajaran)"

Posting Komentar