Bercita-cita Menjadi Seorang Sales Produk


Panasnya kota Semarang siang ini membuat saya memutuskan untuk rehat sejenak di salah satu masjid di tepian Jalan Soekarno-Hatta. Saat sedang asik menikmati semilir angin di serambi masjid, ada seorang sales produk sebuah permen yang ikut memarkir motornya, beristirahat sebentar, lalu mengeluarkan nota-nota tagihan dan mulai menghitungnya satu per satu.

Percaya atau tidak, saat kecil dulu saya pernah punya cita-cita menjadi sales produk seperti mas yang sedang duduk di samping saya ini. Sebuah pekerjaan yang bisa dikatakan "kurang layak" untuk dijadikan sebuah cita-cita. Aneh sih memang. Saya sendiri masih suka heran ketika mengingatnya.

Alasannya sederhana, karena dahulu hampir semua Paman saya memiliki profesi yang sama, yaitu menjadi sales produk. Pekerjaannya mengantar produk dari satu toko ke toko lainnya, lalu menagih uang ke pemilik toko setiap akhir bulannya. Saya tahu karena saat itu sering diajak oleh Paman bekerja.

Dahulu saya berpikir pekerjaan ini asik sekali, terjun langsung ke lapangan, bisa sambil jalan-jalan mengelilingi kota Semarang. Saat itu pikiran saya belum sampai pada gaji dan target yang harus dicapai oleh seorang sales produk. Yang penting gajinya halal dan tidak bekerja di dalam ruangan, itu sudah cukup.

Tapi tidak terasa belasan tahun kemudian saya justru "terjebak" di dunia usaha. Pekerjaan yang mungkin tidak pernah sedikitpun terlintas di benak saya sewaktu kecil dulu. Memang, lingkungan itu sangat-sangat mempengaruhi kita. Kalau kita bergaul dengan penjual parfum maka kita akan ikut terciprat wanginya, Rasulullah pun mengatakan seperti itu.

Oleh karena itu, agak kurang setuju juga dengan mata pelajaran Kewarganegaraan saat SD dulu. Kita diajarkan untuk tidak boleh memilih-milih teman. Padahal kan melalui teman-temannya lah, seseorang itu juga bisa ketahuan kepribadiaannya, hehe.

Yuk, kita cari teman yang baik supaya ketularan baik.

*random post sembari menunggu adzan Asar*

0 Response to "Bercita-cita Menjadi Seorang Sales Produk"

Posting Komentar