Kajian Hikam 16/11/2015 - Cinta Yang Membahayakan


Tiga jenis cinta yang membahayakan:
(1) Cinta dunia; (2) Cinta gelar/jabatan; dan (3) Cinta pujian.

Hidup di dunia itu sangat, sangat, sangat sebentar. Ibarat musafir yang melakukan perjalanan jauh berbulan-bulan, kehidupan dunia itu seperti saat musafir tersebut istirahat minum air di bawah pohon lalu melanjutkan perjalanannya kembali.

Dunia itu sangat terbatas, akhirat tanpa batas. Nikmat apapun di dunia, ada batasnya, begitu pula siksanya. Di akhirat, nikmat dan siksa abadi tidak ada batasnya.

Dunia itu sangat hina, tidak layak dibandingkan akhirat yang mulia.

"Dunia itu dilaknat oleh Allah, dan dilaknat pula isi seluruh dunia. Kecuali dzikir kepada Allah dan apa saja yang menjadi sarana untuk ibadah." (Al-Hadits)

Misalnya, motor dilaknat oleh Allah jika digunakan untuk pacaran. Tapi kalau motor digunakan untuk berangkat ngaji, itu diperbolehkan.

"Banyak amalan yang sebenarnya ukhrowi, tetapi tercatat sebagai duniawi, dikarenakan niatnya." (Al-Hadits, maaf redaksi aslinya lupa)

Mulai sekarang, punyailah dua kegiatan. Kegiatan yang niatnya akhirat murni dan kegiatan dunia yang diniati ukhrowi.

"Belajarlah tulus di tengah-tengah dunia yang penuh modus." (Ustadz Riyadh Ahmad)

#####

Foto oleh @si_bedil.

Caption merupakan resume dari apa yang disampaikan oleh Ustadz Riyadh pada Kajian Hikam tanggal 16 November 2015 di Masjid Hotel Grasia Semarang.

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. Resume ini hanya sebagian kecil dari seluruh isi kajian, tidak bisa dibandingkan dengan penjabaran ustadz Riyadh yang rinci dan penuh analogi.

0 Response to "Kajian Hikam 16/11/2015 - Cinta Yang Membahayakan"

Posting Komentar