BAB I
PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang Masalah
Kurikulum merupakan seperangkat rencana yang berisikan tujuan, isi, proses, dan evaluasi yang dimana dijadikan acuan oleh para pendidik untuk mendidik para peserta didiknya.Di Indonesia kurikulum merupakan pondasi awal dimana suatu pendidikan di Indonesia itu sendiri dapat berjalan dengan baik.Dimana kurikulumnya itu sendiri mengalami revisi setiap 5 tahun sekali dan mengalami pergantian setiap 10 tahun sekali. Mengapa demikian?karena zaman pun terus berkembang, dan perkembangan tekhnologi pun akan semakin canggih sehingga perlu adanya perubahan pada kurikulum itu sendiri, bilamana kurikulum yang ada sudah tidak sesuai dengan perkembangan yang ada saat ini. Begitupula yang terjadi di tahun ini, yaitu akan adanya kurikulum 2013 pengganti dari Kurikulum yang sebelumnya yaitu KTSP. Yang dimana menurut dari apa yang kami dengar bahwa di Sekolah Dasar Mata Pelajaran IPA dan IPS akan diintegrasikan dengan Mata Pelajaran lainnya, sehingga akan terjadi penyederahanaan dalam Kompetensi Dasar yang ada. Merujuk pada uraian di atas, oleh sebab itu dalam makalah ini kami akan menganalisis mengenai KTSP dan Kurikulum 2013 yang sedang menjadi topik yang diperbincangkan dalam masyarakat, terutama dikalangan para pendidik, sehingga disini kami ingin menganalisis apakah pada Mata Pelajaran IPS, KTSP dan Kurikulum 2013 ini, telah memenuhi tiga ranah yang seharusnya ada pada diri peserta didik (Kognitif, Psikomotor, dan Afektif) dilihat dari Taksonomi Bloom yang kami jadikan acuan, dan apakah perbedaan atau bisa dibilang kekurangan dan kelebihan dari kedua kurikulum ini? Berdasarkan latar belakang tersebut maka dalam makalah ini kami akan menguraikan apa yang menjadi pertanyaan di atas. Sehingga dengan analisis ini, kami berharap menjadi dasar bagi kami sebagai calon pendidik khususnya di Sekolah Dasar untuk dapat mengetahui dari Kurikulum yang akan kami terapkan nantinya ketika menjadi seorang pendidik.   
1.2     Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka diperoleh permasalahan antara lain:
1.          Apa pengertianKI dan KD dalam perubahan peranan pembelajaran dalam KURIKULUM 2013 ?
2.          Seperti apa bentuk KI dan KD dalam perubahan peranan pembelajaran dalam KURIKULUM 2013?
3.          Seperti apa kemampuan guru dalam menganalisa KI dan KD
1.3    Tujuan 
Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah KURIKULUM DAN PEMBELJARAN MATEMATIKA serta untuk menambah wawasan dan ilmu kami tentang materi yang sudah kami baca dan pahami sebelumnya sehingga kami dapat menjelaskan atau memaparkannya kembali dalam bentuk makalah ini.
1.4    Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri dari 3Bab :
1.    BabI adalah Pendahuluan, yang terdiridari Latar Belakang, Perumusan Masalah, Tujuan Penulisan, dan Sistematika Penulisan.
2.    Bab II berisi tentang Pembahasan dari rumusan masalah yang kami ajukan, berikut dengan penguraiannya yang kami buat secara sederhana.
3.    Bab III tentang bagian Penutup yang berisi Kesimpulan dan Saran. Sebagai pertanggungjawaban disertakan pula DaftarPustaka.
BAB II
ISI
2.1 Pengertian KI dan KD
Kurikulum 2013 itu adalah uasaha yang terpadu antara rekonstruksi kompetensi lulusan, dengan kesesuain dan kecukupan, keluasan dan kedalaman materi , revolusi pembelajaran dan reformasi penilaian 
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.
Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi inti 3), dan penerapan pengetahuan (kompetensi 4).Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif.Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).
Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti.Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
2.2 PERUBAHAN YANG MEMPENGARUHI POLA PIKIR
| No. | Rumusan   Kurikulum Baru | 
| 1. | Keterampilan   ditekankan pada keterampilan berfikir menuju terbentuknya kreativitas.   Kemampuan psikomotorik adalah penunjangketerampilan. | 
| 2. | Bahasa   Indonesia sebagai penghela pengetahuan diawali   dan diakhiri dengan penguatanBahasa Indonesia. | 
| 3. | Keterampilan   berbahasa (semi formal dan formal) harus didahulukan dari keterampilan   lainnya. | 
| 4. | Keterampilan dapatberbentuk   penyajian dan tindakan. | 
| 5. | Memberi   motivasi, membuat siswa menggemari pelajarandan pembelajarannya. | 
| 6. | Siswa   memilikikekhasan masing-masing. | 
| Domain  | Sd | Smp | Sma/k  | ||
|  | Menerima+menjalankan    | +   menghargai + mengamalkan   | Menghayati   + | ||
| Sikap | Pribadi   yang beriman  Dan   bertanggung jawab Dengan   lingkungan  Dan   peradabannya  | Berakhlak   muliam,  Dalam   berinteraksi Sekolah   alam  | Percaya   diri , Secara   efektif  Sekitar   serta dunia  | ||
| Keterampilan    | Mengamati   + menanya +mencipta   | +mencoba   + | Menalar   +menyaji  | ||
|  | Pribadi   yang  Yang   produktif dan  | Berkemampuan Kreatif   dalam   | Piker   dan tindak ranah abstrak dan konkret | ||
| Pengetahuan    | Mengetahui   +  Menganalisa   +  | Memahami   +  mengevaluasi | Menerapkan   + mencipta | ||
|  | Pribadi   yang menguasai budaya dan kebangsaan , | Ilmu   pengetahuan, berwawasan kenegaraan dan  | Teknologi,seni, Kemanusiaan,   peradaban  | ||
| 1.Menghayatidanmengamalkanajaran     agama yang dianutnya 2.Mengembangkanperilaku(jujur,     disiplin, tanggungjawab,peduli, santun, ramahlingkungan, gotong royong,     kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan     sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam     berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam     menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 3.Memahamidan menerapkanpengetahuan     faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan,     teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasankemanusiaan,     kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta     menerapkan pengetahuanprosedural pada bidangkajian yang spesifiksesuai     dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 4.Mengolah, menalar, dan menyajidalam ranah konkretdan     ranahabstrakterkait dengan pengembangan dari yang     dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan  | 
| Sikap   dan perilaku : menerima+menjalankan+menghargai+menhayati+mengamalkan | |
| 1.      Beriman berakhlak mulia rasa ingin tahu, estetika,percaya diri ,   motivasi internal 2.      Toleransi , gotong royong, kerjasama , dan musyawarah  3.       | |
| Keterampilan   : mengamati + menanya +mencoba + mengolah + mengaji +menalar + mencipta  | |
| 1.      Membaca,menulis,menggambar,berhitung, mengarang  2.      Menggunakan, mengurai, merangkai,memodifikasi,membuat,mencipta | |
| 
 | |
| Pengetahuan   : mengetahui + menerapkan + memahami + menganalisa + mengevaluasi + mencipta | |
| 1.ilmu   pengetahuan , teknologi,budaya,dan seni 2.   manusia,bangsa,Negara,tanah air, dan dunia  | 
|  | SEKOLAH    DASAR | 
| Sikap    | Memiliki   [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku   yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur,santun, peduli,   disiplin, demokratis], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi   secara efektif dengan lingkungansosial dan alam , di sekitar rumah,   sekolah, dan tempat bermain | 
| Keterampilan | Memiliki   [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta]   kemampuan pikir dan tindak yang produktifdan kreatif dalam ranah abstrak dan   konkret sesuai dengan yang ditugaskan kepadanya.  | 
| Pengetahuan    | Memiliki   [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi]   pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang   ilmu pengetahuan,teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan kemanusiaan,   kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian di   lingkungan rumah, sekolah, dan tempat bermain | 
|  | SMP | 
| Sikap  | Memiliki[melaluimenerima,   menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilakuyang   mencerminkansikaporangberiman, berakhlakmulia[jujur, santun, peduli,   disiplin, demokratis], percayadiri,   danbertanggungjawabdalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamdalamjangkauanpergaulannya | 
| Keterampilan | Memiliki[melaluimengamati,   menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta] kemampuanpikirdantindakyang   efektifdankreatifdalamranahabstrakdankonkretsesuaidenganyang   dipelajaridisekolahdansumberlain sejenis | 
| Pengetahuan  | Memiliki[melaluimengetahui,   memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuanfaktual,   konseptual, danproseduralberdasarkan rasa ingin tahunya tentang   ilmupengetahuan, teknologi,seni, budayadalamwawasankemanusiaan, kebangsaan,   kenegaraan, danperadabanterkaitfenomenadankejadianyang tampakmata | 
|  | SMA | 
| Sikap  | Memiliki   [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku   yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur,santun, peduli,   disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam   berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam   menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia  | 
| Keterampilan | Memiliki   [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta]   kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan   konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara   mandiri [pada bidang kajian spesifik] sesuai dengan bakat dan minatnya | 
| Pengetahuan  | Memiliki   [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi]   pengetahuan prosedural dan metakognitif berdasarkanrasa ingin tahunya   tentangilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan,   kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian [pada   bidang kajian spesifik]sesuai bakat dan minatnya | 
|  | SMK | 
| Sikap  | Memiliki   [melalui menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku   yang mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur,santun, peduli,   disiplin, demokratis, patriotik], percaya diri, dan bertanggung jawab dalam   berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam   menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia  | 
| Keterampilan | Memiliki   [melalui mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta]   kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan   konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara   mandiri [pada bidang kajian spesifik] sesuai dengan bakat dan minatnya | 
| Pengetahuan  | Memiliki   [melalui mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi]   pengetahuan prosedural dan metakognitif berdasarkanrasa ingin tahunya   tentangilmu pengetahuan, teknologi,seni, budaya dalam wawasan kemanusiaan,   kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian [pada   bidang kajian spesifik]sesuai bakat dan minatnya | 
| Ranah Kompetensi | Kompetensi Inti | 
| Sikap Spiritual | Menerima dan   menjalankan ajaran agama yang dianutnya. | 
| Sikap Sosial | Memiliki   perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun,peduli, dan percaya diri   dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,danguru.  | 
| Pengetahuan | Memahami   pengetahuan faktual dengancaramengamati[mendengar, melihat, membaca] dan   menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan   dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah  | 
| Keterampilan | Menyajikan   pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang   estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang   mencerminkan perilaku anak beriman, berakhlak mulia, dan berilmu | 
| KI 3.Memahami     pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba     [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu     secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan     benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat | 
| KI 2:Memiliki perilaku jujur,     disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air     dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru. | 
| KI-4 Menyajikan     pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan     sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak     sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan     berakhlak mulia | 
| KI 1: Menerima, menghargai, dan     menjalankan ajaran agama yang dianutnya | 
2.3 KEMAMPUAN GURU MENGANALISIS KI DAN KD
Kurikulum 2013 adalah usaha yang terpadu antara rekonstruksi kelulusan dengan keesuaian dan kecukupan, keluasan dan kedalaman materi,revolusipembelajaran dan reformasi penilain.
ANALISIS KI/KD dan PERANCANGAN 
•      Mengapa urutan KI mulai dari Sikap Spritual (KI-1), Sikap Sosial (KI-2), Pengetahuan (KI-3) dan Keterampilan (KI-4) ? (amati Pembukaan UUD 45, Pancasila, UU Sisdiknas)
•      Mengapa urutan perancangan dan pelaksanaan pembelajaran mulai dari KI-3 menuju KI-4 ? Keterampilan hanya dapat dibangun dengan hasil yang baik melalui pengetahuan (pelukis, penyanyi, olahragawan pasti memiliki pengetahuan yang memadai tentang keterampilan yang ditekuninya). Keterampilan yang tidak melalui proses pengetahuan (KI-3) tidak akan menghasilkan karya yang baik.
•      Dalam proses perolehan pengetahuan dan keterampilan sikap diintegrasikan sehingga seluruh mata pelajaran diorientasikan memiliki kontribusi terhadap pembentukan sikap
•      Tidak berhenti pada pengetahuan tetapi berlanjut sampai pada keterampilan dan pembentukan sikap
•      Dalam proses perancangan dan pembelajaran alur yang digunakan adalah : bermula KI-3 KI 4 dan selanjutnya memberikan dampak terhadap terbentuknya KD pada KI-2 dan KI-1
•      Setelah KI-3 dan KI-4 tuntas dianalisis, lalu diturunkan materi yang relevan dan rancangan skenario pembelajaran termasuk penugasan dan penilaian.
•      Berdasarkan aktivitas belajar dan penugasan tersebut dirancang indikator KD pada KI-1 dan KI-2 diintegrasikan
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
| KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | 
| 1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama   yang dianutnya | 1.1    Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang   dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman   bahasa daerah 1.2 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha   Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam   sekitar | 
| 2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin,   tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan   keluarga, teman, dan guru | 2.1 Memiliki kepedulian dan rasa ingin   tahu terhadap keberadaan wujud dan sifat benda melalui pemanfaatan bahasa   Indonesiadan/atau bahasa daerah. 2.2 Memiliki rasa percaya diri terhadap   keberadaan tubuh melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah 2.3 Memiliki perilaku santun dan sikap   kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah 2.4 Memiliki kedisiplinan dan tanggung   jawab merawat tubuh agar sehat dan bugar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia   dan/atau bahasa daerah 2.5 Memiliki perilaku santun dan jujur   dalam hal kegiatan dan bermain di lingkungan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia   dan/atau bahasa daerah | 
| 3.    Memahami pengetahuan faktual dengan   cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa   ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan   benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah | 3.1 Mengenal teks deskriptif tentang   anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang   dan malam dengan bantuan guru atau teman   dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa   daerah untuk membantu pemahaman 3.2 Menegenal teks petunjuk/arahan   tentang perawatan tubuh serta pemeliharaan kesehatan dan kebugaran tubuh   dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang   dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman 3.3 Mengenal teks terima kasih tentang   sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia   lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untukmembantu   pemahaman 3.4 Mengenal teks cerita diri/personal   tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat   diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman 3.5 Mengenal teks diagram/label tentang   anggota keluarga dan kerabat dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat   diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman | 
| 4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam   bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam   gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan   perilaku anak beriman dan berakhlak mulia | 4.1 Mengamati dan menirukan teks   deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta   peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan   tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian 4.2 Mempraktikkan teks arahan/petunjuk   tentang merawat tubuh serta kesehatan dan kebugaran tubuh secara mandiri dalam   bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa   daerah untuk membantu penyajian 4.3 Menyampaikan teks terima kasih   mengenai sikap kasih saying secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan   tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian 4.4 Menyampaikan teks cerita   diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan   dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian 4.5 Membuat teks diagram/label tentang   anggota keluarga dan kerabat secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan   tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian | 
MATEMATIKA
| KOMPETENSI INTI | KOMPETENSI DASAR | 
| 1.    Menerima, dan menjalankan ajaran agama   yang dianutnya | 1.1 Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. | 
| 2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin,tanggung   jawab, santun, peduli,dan percaya diridalam berinteraksi dengan keluarga, teman,   dan guru | 2.1 Menunjukkan sikap cermat dan   teliti, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu serta tidak mudah   menyerah dalam mengerjakan tugas 2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan   pada matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar. 2.3 Memiliki sikap objektif dan   menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi kelompok maupun   aktivitas seharihari | 
| 3.    Memahami pengetahuan faktual dengan   cara mengamati [mendengar, melihat,membaca] dan menanya berdasarkan rasa   ingin tahu tentang dirinya, makhlukciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan   benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah | 1.1 Mengenal lambang bilangan dan   mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana 1.2 Mengenal bilangan asli sampai 99   dengan menggunakan bendabenda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat   bermain Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan   gambar-gambar/benda konkrit 1.3 Menunjukkan pemahaman tentang   besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20 1.4 Mengenal   bangun datar dan bangun ruang menggunakan bendabenda yang ada di sekitar   rumah, sekolah, atau tempat bermain. 1.5 Menemukan bangun yang membentuk   pola pengubinanSederhana | 
| 4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam   bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang   mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman   dan berakhlak mulia | 4.1 Mengurai sebuah bilangan asli   sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan   asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban 4.2 Menggunakan benda konkrit untuk   menelusuri pecahan dan jumlah uang 4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat   sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas   sehari-hari serta memeriksa kebenarannya 4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan   membuat pola yang berulang 4.5 Membentuk berbagai bangun datar   dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya 4.6 Melakukan pengubinan dari bangun   datar sederhana tertentu 4.7 Membentuk dan menggambar bangun   baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada 4.8 Mengelompokkan teman sekelas   berdasarkan tinggi badannya 4.9 Mengumpulkan dan mengelola data   pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan   urutan label pada sumbu horizontal 4.10Membaca dan mendeskripsikan data   pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf | 
BAB III
PENUTUP
3.1Kesimpulan
                            Dari uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.
                            Kompetensi Dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti.Kompetensi Dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
3.1Saran            
                            Kami berharap setelah dibuatnya makalah ini maka akan memberikan pengetahuan yang lebih luas sehingga menambah wawasan dan membuka pikiran pembaca untuk mengetahui dan lebih memahami secara ringkas tentang yag dimaksud Konsep Waktu dalam Sejarah. Sehingga nantinya kita sebagai calon pendidik tidak akan menjadi pendidik yang verbalisme. Namun menjadi pendidik yang sebenarnya, cerdas dan memahami bahkan menguasai materi yang akan diajarkan kepada anak didiknya.
0 Response to "kelompok 2"
Posting Komentar